Visi

Menjadi Lembaga Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah yang Amanah dan Profesional

SINERGI PROGRAM BAZNAS KOTA PROBOLINGO DENGAN BAZNAS JATIM KIAT MENGATASI KEMISKINAN

Selasa, 18 Februari 2020 BAZNAS Kota Probolinggo dengan BAZNAS Provinsi Jawa Timur terus melakukan berbagai upaya untuk penanganan kemiskinan. Salah satunya adalah dilaksanakannya program bantuan fakir yang tidak berdaya secara fisik dan hidup sebatang kara. Program kerjasama ini membantu fakir miskin yang tidak berdaya bertujuan membantu untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makan dan minum sehari-hari.
Saat ini baru 16 orang yang telah dibantu oleh BAZNAS dengan 2 (dua) katagori fakir yaitu fakir kategori A perbulan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp. 500.000,- dimana yang bersangkutan betul-betul tidak berdaya untuk bekerja mencari nafkah karena usia atau cacat fisik. Yang ke dua kategori B perbulan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp. 300.000,- yaitu yang bersangkutan hidup sendiri bantuan tersebut membantu dalam menyelesaikan atau mengurangi masalah yang sangat mendesak(darurat).
Hal ini sesuai dengan arahan Bapak Walikota Habib Hadi pada sambutannya di Sosialisasi Perwali No. 237 Tahun 2019 Tentang Pengumpulan Zakat. “Bahwa pemerintah Kota Probolinggo belum bisa mengcover semua kebutuhan para fakir miskin yang tidak berdaya secara fisik maupun lainnya untuk memberi makan, bantuan RTLH dan bantuan yang sifatnya mendesak seperti korban bencana ini perlu cepat dan tanggap maka yang paling mudah untuk merealisasikan adalah BAZNAS Kota Probolinggo asalkan kita bisa mengoptimalkan pengumpulan zakat dilingkungan pemerintah Kota Probolinggo”. tegasnya.(Wahid)